• Samarinda Fishing Community

  • Latest Post :
    Home » » SIMPUL DALAM DUNIA PANCING

    SIMPUL DALAM DUNIA PANCING

    Rabu, 03 Juli 2013 | 0 komentar

     Seorang pemancing wajib menguasai simpul – simpul untuk mengikatkan piranti pancing pada senar. Simpul ini sangat penting untuk para pemancing. Selain tentunya untuk memperkuat ikatan pada piranti pancing agar tidak lepas saat disambar oleh ikan buruan, juga aga rlebih mudah ketika memasang piranti pancing pada kondisi minim cahaya atau pada saat malam hari. Selain itu juga agar para pemancing lebih cepat memasang piranti pancing saat posisi ikan buruan terlihat.Berikut macam – macaam simpul (knot) yang biasa digunakan oleh para pemancing :Simpul CentauriSimpul ini dapat digunakan pada variasi diameter senar, karena dapat menahan gesekan yang kecil dan lagi pula tidak mengubah senat. Cocok untuk kail kecil, ring, dan kili-kili.
    1. Masukkan ujung senar pada mata kail atau kili-kili dan buat susunan seperti yang ditunjukkan pada gambar. Pertama lewati ujung senar dibelakang senar utama. Persilangan senar ditahan diantara ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri.
    2. Ulangi langkah pertama dan persilangan kedua juga dipegang diantara ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri.
    3. Ulangi kembali, ujung senar dilewati kebelakang senar utama dan persilangan ditahan diantara ibu jari dan jari telunjuk. Banyak pemancing menggunakan dua lilitan bukan tiga, ini akan menghasilkan simpul yang lemah.
    4. Sekarang masukkan ujung senar melalui pusat dari tiga loop yang telah anda buat dan bentuk simpul dengan menarik hati – hati ujung senar berlawanan dengan kail atai kili-kili.
    5. Simpul terbentuk, loop melenur, turunkan simpul kearah mata kail atau kili-kili.
    6. Simpul yang selesai harus mengunci mata kail. Dengan ujung senar menunjuk pada leader.
    Simpul Uni
    1. Masukkan senar pada kail atau kili-kili paling sedikit 15cm dan but putaran dua senar sejajar. Bawa ujung kenur kembali pada lingkaran didepan kail atau umpan.
    2. Buat 6 putaran dengan ujung senat dikelilingi senar ganda. Lewati bagian ujung melalui loop. Pegang senar ganda pada sebuah titik dimana melalui mata kail dan tarik bagian ujung senar untuk merapikan putaran.
    3. Tarik bagian pangkal untuk meluncurkan simpul kearah berlawanan mata kail.
    4. Lanjutkan menarik simpul hingga ketat. Potong bagian ujung senar.
    Simpul Cat’s Paw
    1. Selipkan loop ujung senar ganda melalui mata kili-kili. Putar ujung loop setengah putaran untuk mendapatkan belitan tunggal diantara loop dan mata kili-kili.
    2. Lewati loop dengan putaran diatas kili-kili. Pegang bagian ujung loop, tambahkan kedau kaki dari leader tali ganda dengan sati tangan. Biarkan kili-kili digeser ke bagian ujung loop yang lain yang telah dibentuk.
    3. Tetap pegang loop dan lenur dengan tangan anda yang lain untuk memutar kili-kili melalui pusat di kedua loop, paling sedikit enam kali.
    4. Lanjutkan memegang kedua kaki leader kenur ganda dengan ketat, tapi lepaskan bagian ujung loop. Tarik kili-kili dan lilitkan menjadi sulaman.
    5. Untuk menarik simpul dengan kuat, jepit kili-kili dengan tang dan tekan kearah kili-kili dengan jari, ketika masih menahan pangkal kenur dari leader tarik ketat.
    Simpul Snell
    1. Sisispkan leader melalui mata kail, ulurkan 2 hingga 5 cm melalui mata kail. Sisipkan bagian lain dari leader melalui mata kail yang berlawanan arah dari kailt kail. Pegang kail danleader diantara ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri. Leader tergantung ke bawah kail pada sebuah loop yang besar.
    2. Ambil bagian dari loop besar yang rendah yang ditutup pada mata kail dan lilitkan diatas batang kail dan kedua ujung leader kearah kait kail.
    3. Lilit hingga 7 atau 8 putaran dan pegang lilitan dengan tangan kiri. Pegang ujung leader yang dilalui lubang kail dengan tangan kanan dantarik perlahan dan kuat. Pegang putaran dengan tangan kiri. Bila simpul hampir ketat, tarik berlawanan dengan mata kail. Pendekkan pegangan daribatang kail dengan menggunakan tang. Tarik bagian akhir dan pangkal senar kuat, simpul telah selesai.
    Simpul Clinch
    1. Lalui senar melalui mata kail atau kili-kili. Putar balik ganda dan buat 5 putaran diseputar bagian pangkal kenur. Pegang gulungan pada tempatnya, masukkan bagian ujung senar melalui loop  pertama di atas mata kail, kemudian melalui loop besar yang ditunjukkan.
    2. Pegang bagian ujung senar dan liIitan pangkal kenur ditarik ke atas. Perhatikan lilitan di dalam spiral, tidak tersusun satu dengan yang lainnya. tarik berlawanan mata kail, potong bagian ujung kenur.
    Simpul Triline Simpul triline adalah ikatan serbaguna yang digunakan untuk menghubungkan kili-kili, peniti kail dan  umpan buatan. Simpul ini unik dan mudah untuk di ikat menjadi kuat, sambungan dapat diandalkan hingga 85-90%dari kekuatan senar. Lilitan awal mono melalui mata kail memberikan perlindungan bantalan untuk menambah keamanan.
    1. Masukkan ujung senar melalui mata kail atau umpan dan rangkap kembali melalui mata kail pada kedua kalinya.
    2. Lilitkan sekeliling pangkal kenur 5 atau 6 kali.
    3. Masukkan ujung senar kembali diantara mata kail dan kumparan seperti yang ditunjukkan.
    4. Tarikkencangdan potongbagianujung senar.
    Simpul Marshall Metode ini diperkenalkan oleh Frank Marshall, penulis dan pemancing asal Australia. Simpul ini sederhana untuk mengikat dalam keadaan gelap dan cukup kuat dalam berbagai situasi.
    1. Suatsebuahloop padaujung senar, ikat simpul 2. lalui loop melalui mata kail.
    2. Lalui loop melalui mata kail.
    3. Lalui loop seluruhnya pada kail dan lalui ujung senar melalui loopdengan baik.
    4. Akhiri simpul overhand dan tarik jerat ketatdisekitar kail.
    Simpul Thumb Knot
    1. Lalui senar pada mata kail dan buat sebuah loop sehingga kail tergantung pada loop. Jepit persilangan diantara ibu jari dan tangan kiri.
    2. Mulai buat liIitan pada ibu jari kiri dan lingkarkan dengan ujung senar.
    3. Buat tiga liIitan, dikerjakan mulai dari dasar ibu jari kearah kuku ibu jari.
    4. Dorong ujung senar kembali dibawah tiga liIitan ini sepanjang ibu jari anda, dorong semuanya ke arah dasar ibu jari anda.
    5. Amankan bagian ujung senar berlawanan ibu jari kiri anda dengan jari tengah. Kemudian ambil loop pada kail pada jari kanan dan sisipkan pada ibu jari anda secara berurutan.
    6. Akhiri simpul dengan menarik loop berlawanan dengan ujung senar.
    Simpul Flemish Eye Flemish Eye adalah simpul untuk mengikat tali pandu yang menggunakan wire / kawat / baja nikelin (7X7) padamata kail atau kili-kili. Secara umum fungsinya adalah untuk menambah kekuatan simpul yang diikatkan pada mata kail atau kili-kili. Simpul ini sangat berguna untuk mengamankan dan mengimbangi tarikan ikan yang sangat kuat seperti tuna, wahu, tenggiri dan marlin.
    1. Masukkan terlebih dahulu klem / sleeve dengan ukuran yang sesuai ke dalam wire.
    2. Masukkan kail dan buat simpul overhand pada mata kail.
    3. Tambahkan satu atau lebih liIitan, yang menjadi sebuah simpul overhand dengan dua Iilitan, bukansatu lilitan.
    4. Lalui ujung wire melalui klem sepanjang bagianpangkalwire.
    5. Luncurkan simpul Flemish Eye ke arah mata kail, luncurkan klem ke arah kail kemudian jepit klemdengan tang penjepit.
    6. Potong ujung wire dan mata kail atau dengan membiarkan sisa ujung pendek wire direkatkan pada pangkal wire untuk menghindari terluka akibat serpihan wire.
    Sumber : Cara Mudah dan Cepat Teknik Membuat Simpul Cetakan Pertama.


    Tambahan link animasi simpul/knot :

    1.  netknots.com :  http://www.netknots.com/html/fishing_knots.html


    2. Animated Knot : http://www.animatedknots.com/indexfishing.php?LogoImage=LogoGrog.jpg&Website=www.animatedknots.com

    .
    Share this article :

    Tidak ada komentar :

    Posting Komentar

     
    Tanks to : Harie Sadega SamFish
    Copyright © 2013. Samarinda Fishing Community - All Rights Reserved
    Template Modify by Samarinda Fishing Commnity
    Proudly powered by Blogger